南の島の土着民風自由人

自分の生活、計画し実行してきましたが、病気や人間関係など思いがけない障害に遭遇しました。

(^_-)-☆Jokowi, wayang China. WNI, wayang Jokowi.

2024-05-05 23:39:54 | egoism

 

(^_-)-Jokowi, wayang China. WNI, wayang Jokowi. 5593 ジョコウィは、中国の操り人形、WNIは、ジョコウィの操り人形。Jokowi adalah wayang China, WNI adalah wayang Jokowi.

5.中国との契約、悉く、全て、破られる。

5.Semua kontrak dengan Tiongkok akan diputuskan.

 

予算55億ドル、納期3年、bto b、政府保証なし、金利2%、技術移転、インドネシア人雇用機会、資材、建設機械は現地調達など、全て破られた。責任はジョクウィだ。ジョコウィは 、見て見ないふりをした。

Anggaran $5,5 miliar, waktu pengiriman 3 tahun, BTO B, tidak ada jaminan pemerintah, suku bunga 2%, transfer teknologi, lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia, material dan mesin konstruksi yang diperoleh secara lokal, dll semuanya rusak. Jokowi bertanggung jawab. Jokowi tahu semua tapi Dia pura-pera tidak tahuaja.

ジョコウィはバンドンからの延長を嘘つきの中国に頼ろうとしている…これは国民の利益のためなのか、それとも自分の失敗を批判されたくないからなのか?

Jokowi mencoba mengandalkan China, pembohong, untuk perpanjangan dari Bandung.. Apakah ini demi kepentingan rakyat, atau karena tidak mau dikritik atas kegagalannya sendiri?

日本への要望があれば、トンネルや高い橋を建設することなく、カラワンから新国際空港や新国際コンテナ港を経由し、既存の鉄道路線や有料道路、北海岸沿いを経由して移動することが可能となる。 スラバヤへ。

Jika ke Jepang diminta, maka dimungkinkan untuk berpindah dari Karawang melalui bandara internasional baru dan pelabuhan internasional peti kemas baru, sepanjang jalur kereta api dan jalan tol yang ada, serta sepanjang pantai utara, tanpa harus membangun terowongan atau jembatan tinggi. sampai Surabaya.

ジョグジャ経由の高速列車。 中国に依存するジョコウィの計画と比較すると、半分の予算と0.01%の金利で実現できる。

Kereta Cepat via Jogja. Dibandingkan rencana Jokowi yang mengandalkan China, hal itu bisa dilakukan dengan anggaran setengah dan suku bunga 0,01%.

 

https://www.youtube.com/watch?v=X3H,TDUbPW34

 

Mega proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) kembali jadi sasaran kritik publik.

ジャカルタ・バンドン高速鉄道(KCJB)の巨大プロジェクトが再び国民の批判の対象となった。

Alasan pilih China Dikutip dari pemberitaan Kompas.com 2 Oktober 2015, Menteri BUMN 2014-2019 Rini Soemarno menyebut Pemerintah Indonesia mantap memilih China karena negara itu menawarkan pembangunan proyek tanpa APBN dan jaminan pemerintah.

中国を選択する理由 2015年10月2日のKompas.comニュースより引用、2014年から2019年にかけてBUMN大臣のリニ・ソエマルノは、インドネシア政府はAPBNや政府の保証なしでプロジェクト開発を提供したため、中国を選択する決意をしていると述べた。

 Sebaliknya, Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) meminta Pemerintah Indonesia untuk menjamin proyek tersebut. Sebab, menurut Jepang, secara realistis pengerjaan kereta cepat sangat sulit apabila menggunakan skema murni business to business (b to b).

一方、日本は国際協力機構(JICA)を通じてインドネシア政府にプロジェクトの保証を要請した。 なぜなら、日本によれば、純粋な企業間(b to b)スキームを使用した場合、高速鉄道に現実的に取り組むことは非常に困難だからです。

"Tidak minta anggaran dari pemerintah dan ini transaksi b to b karena BUMN dengan BUMN," ujar Rini Soemarno kala itu. Karena itu pula, kata dia, Kementerian BUMN melakukan pendalaman kepada BUMN China.

当時、リニ・ソエマルノ氏は「我々は政府に予算を求めていない。これはBtoBの取引だ。BUMNとBUMNだからだ」と語った。 そのため、BUMN省は中国のBUMNについて徹底的な調査を行っていると同氏は述べた。

 Lalu, akhirnya disepakati untuk membuat joint venture agreement. Yang diputuskan juga adalah ini konsorsium dari BUMN (dikerjakan BUMN tanpa APBN)," kata Rini Soemarno. Adapun BUMN yang akan terlibat dalam konsorsium proyek kereta cepat meliputi PT Wijaya Karya Tbk, PT Jasa Marga, PT Kereta Api Indonesia, serta PT Perkebunan Nusantara VIII.

そして、最終的に合弁契約を締結することが合意されました。 「また決定されたのは、これがBUMNのコンソーシアムであるということです(BUMNはAPBNなしでこれを実行します)」とリニ・ソエマルノ氏は、高速鉄道プロジェクトのコンソーシアムに参加するBUMNにはPT Wijaya Karya Tbk、PTが含まれると述べた。ジャサ・マルガ、PTケレタ・アピ・インドネシア、PTプルケブナン・ヌサンタラVIII。

 Sementara China juga membentuk konsorsium demi proyek yang akan menelan dana puluhan triliun itu (kini biayanya bengkak Rp 108,14 triliun). Tutur Rini, China Railway Corporation (CFC) akan memimpin konsorsium BUMN Tiongkok itu.

  一方、中国も数十兆ドルの費用がかかるこのプロジェクトのためにコンソーシアムを設立した(現在、費用は108兆1400億ルピアに増加)。 リニ氏は、中国鉄道総公司(CFC)が中国BUMNコンソーシアムを主導すると述べた。

 

Jokowi melakukan kesalahan besar. Prabowo, demi kepentingan seluruh rakyat, mohon jangan melakukan kesalahan yang sama. Melewati Solo adalah contoh pemborosan dana negara.

Hentikan kereta berkecepatan tinggi. Daripada buat jalan tol, lebih baik bangun jalan bypass, jalan layang dan underpass gratis, serta hilangkan perlintasan kereta api. Berhenti memindahkan ibu kota. Ada baiknya jika kantor pemerintahan dipindahkan sedikit demi sedikit di sekitar Stasiun KCJB Karawang.

ジョコウィは大きな間違いを犯した。 プラボウォさん、国民全員のためにも同じ間違いをしないでください。 ソロの通過は国家資金の無駄遣いの一例だ。

高速列車を止めてください。 有料道路を建設する代わりに、無料のバイパス道路、高架橋、地下道を建設し、踏切をなくした方がよい。 首都移転はやめましょう。 KCJBカラワン駅周辺に官公庁を少しずつ移転していけば良いのに。

Blog   https://blog.goo.ne.jp/enplaid

Website  http://otaenplaext.net/concept1.html

 

https://www.youtube.com/watch?v=YweCgpEO_5k

Bahlil Lahadalia Bantah Investor China Terbanyak di Indonesia: Itu Hoaks!

バリル・ラハダリア氏、インドネシアへのほとんどの中国人投資家を否定:それはデマだ!

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia membantah jika investasi di Indonesia selama ini dikuasai oleh China.

投資大臣兼投資調整委員会(BKPM)長官のバリル・ラハダリア氏は、インドネシアへの投資が中国によって管理されていると否定した。

Justru, dia mengungkapkan data BKPM menunjukkan bahwa Singapura telah menduduki posisi sebagai negara investor terbesar di Indonesia setidaknya sejak 2019.

実際、同氏はBKPMのデータが、少なくとも2019年以来シンガポールがインドネシア最大の投資国としての地位を占めていることを示していることを明らかにした。

“Jadi sangat tidak benar jika ada orang-orang yang mengatakan bahwa investasi yang masuk ke Indonesia dikuasai satu negara, yaitu China,” kata Bahlil saat mengisi kuliah umum di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru, Kalimantan Selatan dilansir dari Antara, Kamis (2/5/2024).

「したがって、インドネシアへの投資が一国、つまり中国によって管理されていると言う人がいるとすれば、それは非常に真実ではありません」と、南カリマンタン州バンジャルバルのランブン・マンクラット大学で公開講義を行っている際にバリル氏が述べた、とアンタラが木曜日に報じた( 2024 年 2 月 5 日)。

Mengacu pada data BKPM, pada 2023 Singapura menjadi sumber investasi terbesar bagi Indonesia, diikuti China, Hong Kong, Jepang, Malaysia, dan Amerika Serikat.

Bahlil mengatakan sejumlah negara dari benua lain juga sudah mulai berinvestasi ke Indonesia, seperti Belanda, Kepulauan Virgin Britania Raya, dan Australia.

BKPMのデータによると、2023年にはシンガポールがインドネシアにとって最大の投資源となり、次いで中国、香港、日本、マレーシア、米国が続く。

バリル氏は、オランダ、英領ヴァージン諸島、オーストラリアなど、他の大陸の多くの国もインドネシアへの投資を開始していると述べた。

“Ini supaya tidak terjadi hoaks. Di Indonesia, kementerian yang punya data ini hanya BKPM,” tegas Bahlil.

「デマが起こらないようにするためです。 「インドネシアでは、このデータを持っている唯一の省庁はBKPMです」とバリル氏は強調した。

Singapura merupakan negara investor terbesar di Indonesia pada 2023, dengan nilai investasi mencapai US$15,4 miliar. Selanjutnya, China berada di urutan kedua dengan nilai investasi US$7,4 miliar, Hong Kong US$6,5 miliar, Jepang US$4,6 miliar, Malaysia US$4,1 miliar, dan Amerika Serikat US$3,3 miliar.

シンガポールは2023年にインドネシアへの最大の投資国となり、投資額は154億米ドルに達する。 さらに、投資額では中国が74億ドル、香港が65億ドル、日本が46億ドル、マレーシアが41億ドル、米国が33億ドルで2位となっている。

 

私のコメント Komentar Saya

2023年の統計だが、2024年の契約や契約予定に関しての話はしていない。EVやバッテリー工場、太陽光発電や新首都、高速鉄道のバンドゥン以遠に関しては、全て中國頼みだ。

 Statistiknya untuk tahun 2023, namun belum ada pembicaraan mengenai kontrak atau rencana kontraknya untuk tahun 2024. Terkait kendaraan listrik, pabrik baterai, pembangkit listrik tenaga surya, ibu kota baru dan kereta cepat dari Bandung, semuanya bergantung pada Tiongkok.

 

https://www.youtube.com/watch?v=1OBfvHpHrLE

https://www.youtube.com/watch?v=UakKHaT2mx4

Kapal Wisata Labuan Bajo Menuju Pulau Komodo Terbakar, 2 Orang Terluka dan 31 Lainnya Selamat

コモド島行きラブアンバジョ観光船火災、2人負傷、31人生存

Sebuah kapal wisatawan terbakar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

東ヌサトゥンガラ州西マンガライ県ラブハンバジョで観光船が火災に見舞われた。

Kapal Wisata Sea Safari 7 yang mengangkut 33 ABK dan penumpang, terbakar saat berlayar dari Labuan Bajo menuju Pulau Komodo.

乗組員と乗客33人を乗せた観光船「シーサファリ7」が、ラブハンバジョからコモド島へ航行中に火災が発生した。

Dua korban luka dapat diselamatkan. Sementara 31 penumpang dan kru kapal lainnya berhasil dievakuasi dengan selamat.

負傷者2名が救出された。 一方、乗客31名と他の乗組員は安全に避難することに成功した。

Diduga, sumber kebakaran akibat hubungan pendek arus listrik di ruang mesin.

出火原因はエンジンルーム内の漏電とみられる。

http://otaenplaext.net/concept195.html

この船は、ラブハンバジョから出発し、これらの島々を巡ります。料金は1万円くらい。

 

https://www.youtube.com/watch?v=rf9avgoPFGQ

 

Hasil Final Piala Asia U23 2024 - Jepang vs Uzbekistan - Bagan Final Piala Asia u23 2024

2024 U23 アジアカップ 最終結果 - 日本 vs ウズベキスタン - 2024 U23 アジアカップ 決勝チャート  

ラブハンバジョ 嘘つき 操り人形

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(^_-)-☆Berbagai kesalahan besar pada kereta cepat 2

2024-05-04 23:45:18 | salah

 5592 インドネシア高速鉄道におけるさまざまな重大なエラー Indonesia berbagai kesalahan besar pada kereta cepat. 

 

  1. Rencana Jepang lebih unggul dalam hal kenyamanan dan estimasi.
  2. 利便性や見積もりの​​点で日本のプランが優れている。

Tiongkok, yang telah diberitahu tentang rute yang diusulkan Jepang, pada awalnya menawarkan $6,6 miliar. Usulan Jepang adalah $6,1 miliar.

Setelah mengetahui hal ini, Tiongkok memutuskan untuk menempatkan stasiun tersebut di daerah pedesaan yang jauh dari pinggiran kota Jakarta dan kota Bandung, dan memperkirakan biayanya mencapai $5,5 miliar.

日本の提案ルートについて説明を受けていた中国は当初66億ドルを提示した。 日本の提案は61億ドル。

これを知った中国は、ジャカルタ郊外やバンドン市から遠く離れた田舎に駅を設置することを決定し、費用は55億ドルと見積もった。

Rencana rute Jepang adalah menempatkan stasiun di Stasiun Gambir, dekat Monas, di pusat kota Jakarta, dan menggunakan kereta bawah tanah untuk mencapai pinggiran Jakarta (sekitar Harim).

日本のルート計画では、ジャカルタ中心部のモナス近くのガンビル駅に駅を置き、地下鉄を利用してジャカルタ郊外(ハリム周辺)まで行くというものだった。

Stasiun di sisi Bandung melewati kota, sehingga biaya perolehan lokasi akan mahal, namun mempertimbangkan kenyamanan, kami memilih Stasiun Bandung. Baik Bandung maupun Jakarta akan bisa digunakan hanya dengan mengganti platform jalur konvensional.

バンドン側の駅は市内を通過するため、立地取得費が高くつきますが、利便性を考慮してバンドン駅を選択しました。 バンドン、ジャカルタともに従来路線のホームを置き換えるだけで利用可能となる。

Akibatnya, letak kedua stasiun di pinggiran kota atau di persawahan kurang nyaman. Selain itu, jumlahnya telah meningkat dari $5,5 miliar menjadi hampir $8 miliar.

その結果、この2つの駅の立地は町外れや田んぼの中にあり、利便性が低くなります。 さらに、その額は55億ドルから80億ドル近くまで増加しました。

Selain itu, pemerintah tidak perlu menyediakan dana apa pun, dan tingkat bunga imbalan dari Tiongkok telah meningkat dari 2% menjadi 3,4%.

また、政府は資金を提供する必要がなく、中国からの報奨金の金利は2%から3.4%に上昇した。

 

  1. KCIC sangat sulit dalam hal pendanaan dan profitabilitas.
  2. KCIC は資金調達と収益性の点で非常に困難です。

 

https://www.youtube.com/watch?v=Khz2_WD1Ins

Mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, beberapa kali mengungkapkan keberatannya soal proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

ジョナン前交通部長官がジャカルタ・バンドン高速鉄道プロジェクトに反対する理由

Pada 2015, Jonan kala itu menegaskan tidak perlu ada moda transportasi kereta cepat untuk rute Jakarta-Bandung.

ジョナン氏は2015年、ジャカルタ-バンドン間の高速鉄道輸送は必要ないと強調した。

Jonan bahkan sempat menolak menerbitkan izin trase pembangunan kereta cepat ini lantaran masih ada beberapa regulasi yang belum dipenuhi, terutama terkait masa konsesi.

ジョナンは、特にコンセッション期間に関して、まだ満たされていないいくつかの規制があったため、高速鉄道建設ルートの許可の発行さえ拒否しました。

  1. Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) kembali jadi sasaran kritik publik. Pemerintah baru-baru ini memutuskan untuk membuka opsi utang yang timbul dari proyek ini bisa dijamin keuangan negara.
  2. ジャカルタ・バンドン高速鉄道(KCJB)プロジェクトが再び国民の批判の対象となっている。 政府は最近、このプロジェクトから生じる債務を国家財政で保証するオプションを開くことを決定した。

 Keputusan pemerintah Indonesia untuk bisa menjamin pembayaran utang Kereta Cepat Jakarta Bandung disahkan melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 89 tahun 2023 yang diteken Sri Mulyani. Pemberian jaminan pemerintah untuk utang proyek KCJB sejatinya mengingkari janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya.

  ジャカルタ・バンドン高速鉄道の債務支払いを保証するというインドネシア政府の決定は、スリ・ムリャニが署名した2023年財務大臣規制(PMK)第89号を通じて承認された。 KCJBプロジェクト債務に対する政府保証の提供は、実際にはジョコ・ウィドド大統領(ジョコウィ)の以前の約束を破るものである。

  1. Pada awalnya, Kepala Negara beberapa kali menegaskan proyek ini dikerjakan dengan skema business to business (b to b) antar-BUMN Indonesia dan China. Di mana negara tidak akan mengucurkan APBN maupun tidak memberikan jaminan dalam bentuk apa pun apabila di kemudian hari proyek ini mengalami permasalahan.
  2. 当初、国家元首は、このプロジェクトがインドネシアと中国のBUMN間の企業間(B to B)スキームを利用して実施されていると何度も強調した。 将来このプロジェクトに問題が発生した場合、州が APBN を支払わない、またはいかなる形でも保証を提供しない場合。

Sebelum mulai digarap, proyek ini sejatinya sudah menuai banyak kontroversi. Bahkan, kala itu, Menteri Perhubungan 2014-2016, Ignasius Jonan, beberapa kali mengungkapkan keberatan dengan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung.

実際、作業が始まる前、このプロジェクトは多くの論争を引き起こしました。 実際、当時、2014年から2016年にかけてイグナシウス・ジョナン運輸大臣は、ジャカルタ・バンドン高速鉄道プロジェクトに数回反対の意を表明した。

  1. Menurut logikanya sebagai orang yang pernah memimpin PT KAI, kereta cepat penghubung Jakarta dan Bandung dinilai memiliki sejumlah kekurangan, baik dari aspek bisnis maupun operasional. Ia berujar, membangun Kereta Cepat Jakarta Bandung yang jaraknya terbilang sangat pendek adalah bentuk pembangunan yang terlalu berorientasi Pulau Jawa.
  2. かつて PT KAI を率いていた人物としての彼の論理によれば、ジャカルタとバンドンを結ぶ高速列車にはビジネス面と運営面の両方で多くの欠点があると考えられています。 同氏は、距離が非常に短いジャカルタ-バンドン高速鉄道の建設はジャワに偏りすぎた開発形態だと述べた。

 "Soal kereta cepat Jakarta-Bandung, saya yang paling menentang. Itu tidak berkeadilan," kata Jonan dalam "CEO Speaks on Leadership Class" di Universitas Binus, Jakarta, pertengahan 2014, kala ia masih menjabat sebagai Dirut KAI.

「ジャカルタ-バンドン間の高速列車に関しては、私が一番反対している。不公平だ」とジョナン氏はまだ常務取締役だった2014年半ば、ジャカルタのビナス大学で行われた「CEOがリーダーシップの授業について語る」で語った。カイの。

"Rohnya APBN itu NKRI. Kalau Jawa saja yang maju, ya merdeka saja Papua dan lainnya itu," ucap Jonan. Sikap tegas itu terbawa hingga dirinya menjadi Menteri Perhubungan.

「APBNの精神はインドネシア共和国だ。ジャワだけが前進すれば、パプアなどは独立するだろう」とジョナン氏は語った。 この毅然とした態度は彼が運輸大臣になるまで引き継がれた。

  1. Pria asal Surabaya itu mengharamkan dana APBN digunakan untuk membiayai proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.
  2. スラバヤ出身の男性は、ジャカルタ-バンドン高速鉄道プロジェクトへの資金提供にAPBN資金が使用されることを禁止した。

 Ia juga menolak memberikan izin trase kala itu karena masalah konsesi, di mana KCIC meminta konsesi KCJB adalah 50 tahun sejak kereta beroperasi, sementara menurut aturan konsesi seharusnya dimulai dari penandatanganan kontrak.

また、同氏は当時、利権問題を理由に線路許可の付与を拒否しており、KCICはKCJBの利権は列車の運行開始から50年とするよう求めたが、規定によれば利権は契約締結から開始されるはずだった。

 Jonan menegaskan keputusannya itu untuk menegakkan aturan yang berlaku, yakni sesuai dengan Perpres Nomor 107 Tahun 2015 dan UU Nomor 23 Tahun 2007.

ジョナン氏は、自身の決定は適用される規制、すなわち2015年大統領令第107号と2007年法律第23号に従って施行するためであると強調した。

  1. Belakangan, konsesi KCJB kini malah ditetapkan menjadi 80 tahun. Diberitakan Harian Kompas, 1 Februari 2016, izin trase dari Kementerian Perhubungan sempat terkatung-katung lantaran Jonan belum menerbitkan izinnya. Menurutnya, alasan belum keluarnya izin, karena dirinya tegas mengikuti koridor regulasi.
  2. 最近、KCJB の利権が 80 年に設定されました。 2016 年 2 月 1 日に Kompas Daily が報じたように、ジョナンがまだ許可を発行していなかったため、運輸省からの路線許可は行き詰まっていた。 同氏によれば、許可が発行されないのは、同氏が規制を厳格に遵守しているためだという。

 "Saya kira publik tidak pernah memahami UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan peraturan menteri yang mengikutinya. Kalau mereka tahu, mereka akan mengerti saya hanya menjalankan undang-undang," kata Jonan saat itu. "Mereka sebagai pengusaha tentu akan minta kemudahan sebanyak-banyaknya. Kementerian BUMN tentu minta sebanyak-banyaknya, kita (Kementerian Perhubungan) yang harus mengaturnya," tambahnya.

  「鉄道に関する2007年法律第23号とそれに続く省令を国民が理解できるとは到底思えない。もし国民が知っていれば、私はただ法律を施行しているだけだと理解してくれるだろう」と当時ジョナン氏は語った。 「起業家としての彼らは当然、可能な限り多くの利便性を求めるだろう。BUMN省は確かに可能な限り多くの利便性を求めるだろう。我々(運輸省)はそれを規制しなければならない」と彼は付け加えた。

Jonan, Menteri Perhubungan saat itu, tidak memberikan izin mendirikan bangunan KCJB karena berbagai alasan.

ジョナンは、当時の運輸大臣、様々な理由で、KCJBの工事許可を下ろさなかった。

Jokowi memaksakan peletakan batu pertama tanpa izin Menteri Perhubungan. Jonan tidak menghadiri acara peletakan batu pertama tersebut.

ジョコウィは、運輸大臣の許可なしで、起工式を強行した。ジョナンは起工式に参加しなかった。

Setelah itu, Jonan dicopot dari Kabinet dan Ibu Rini diangkat menjadi Menteri Perhubungan menggantikannya. Dia adalah boneka Jokowi. Saat itu, banyak terjadi transaksi mencurigakan dengan Tiongkok.

 その後、ジョナンは内閣から捨てられ、代わりに、リニ女史が運輸大臣に任命された。彼女はジョコウィの操り人形だった。このころ、中国との怪しい取引が多数あった。

Karena Wayan sudah tidak diperlukan lagi, ia dicopot pada masa jabatan kedua Jokowi.

 ワヤンは必要なくなったので、ジョコウィの2期目には、彼女は捨てられた。

 

 

https://www.youtube.com/watch?v=zu1IsMlQrqU

Pemerintah Akan Evakuasi 9 Ribu Warga Imbas Erupsi Gunung Ruang

ルアン山の噴火で政府、住民9000人を避難へ

Pemerintah terus berupaya mengevakuasi 9.083 warga yang berada di Pulau Tagulandang dalam radius 7 kilometer (km) dari pusat erupsi Gunung Ruang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. Hingga kemarin, Kamis, 2 Mei 2024, sebanyak 3.364 pengungsi telah dievakuasi keluar dari Pulau Tagulandang.

政府は、北スラウェシ州シタロ県ルアン山の噴火中心地から半径7キロメートル(km)以内にあるタグランダン島の住民9,083人の避難を続けている。 昨日、2024年5月2日木曜日の時点で、3,364人の難民がタグランダン島から避難しました。

ジョナン 契約無視 借金罠

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(^_-)-☆Berbagai kesalahan besar pada kereta cepat 1

2024-05-03 23:40:22 | salah

 5591 インドネシア高速鉄道におけるさまざまな重大なエラー Indonesia berbagai kesalahan besar pada kereta cepat.  

1.誰が、このルートを決めたのか。

2.誰が、駅の位置を決めたのか。

3.誰が、中国に注文したのか。

4.誰が、中国との資金的な約束を守れなかったのか。

5.誰も、他のルートとの比較をしなかったのか。

6.誰が、日本の予備調査を中国に渡したのか。

7.誰が、中國人労働者を多く使うことを許可したのか。

8.誰が、損益計算をし、40年後に借金を返し終わるとした根拠は何か。 

1.Siapa yang sudah memutuskan rute ini?

2.Siapa yang sudah menentukan lokasi stasiun?

3.Siapa yang sudah memesan ke Tiongkok?

4.Siapa yang sudah gagal menepati komitmen finansialnya kepada Tiongkok?

5.Apakah tidak ada yang membandingkannya dengan rute lain?

6.Siapa yang sudah menyerahkan penyelidikan awal Jepang ke Tiongkok?

7.Siapa yang sudah mengizinkan penggunaan pekerja Tiongkok dalam jumlah besar?

8.Siapa yang menghitung untung dan ruginya, dan apa dasar asumsi utang tersebut akan lunas dalam waktu 40 tahun?

これらの人々が誰であろうと、これは完全に間違っています。 インドネシア国民は次期大統領にこれらすべてを説明するよう要求しなければならない。

Siapapun orang-orang ini, ini semua salah besar. Masyarakat Indonesia harus menuntut agar presiden berikutnya julaskan semua hal ini.

そして、ジャカルタとスラバヤの間に高速列車を建設したい場合は、KCJBを無視する必要があります。

Dan jika ingin dibangun kereta cepat antara Jakarta dan Surabaya, KCJB harus diabaikan.

さらに、高速列車と比較すると、以前に提案された中高速準高速列車で十分です。 特に INKA を使用すると、高速鉄道よりも半分の予算で実現できます。 MRTシステムも利用できます。

Selain itu, dibandingkan dengan kereta api kecepatan tinggi, kereta semicepat menengah-tinggi yang diusulkan sebelumnya sudah cukup.  bisa melakukannya dengan setengah anggaran dari pada kereta cepat, terutama menggunakan INKA. Bisa juga menggunakan sistem MRT.

 

Bahkan sebagai orang asing, saya bisa menunjukkan permasalahan yang ada pada jalur kereta kecepatan tinggi di Indonesia.

外国人の私でも、インドネシアの高速鉄道に存在する問題点を指摘することができます。

Saya yakin mereka telah membandingkan dan mempertimbangkan rute lain untuk kereta cepat yang menghubungkan Jakarta dan Surabaya, namun mengapa mereka memilih rute Bandung dan mengabaikan isu-isu tersebut?

ジャカルタとスラバヤを結ぶ高速鉄道については他のルートも比較検討したはずだが、なぜこうした問題を無視してバンドンルートを選択したのだろうか。

Atau apakah seseorang memutuskan rute Bandung karena alasan pribadi tanpa mempertimbangkannya sama sekali?

それとも誰かが全く考慮せずに個人的な理由でバンドンルートを決めたのでしょうか?

 

1.大地震が予想されているエリア

1.Daerah yang diperkirakan akan terjadi gempa bumi besar

 

https://www.youtube.com/watch?v=qOayDc5pgt8

http://otaenplaext.net/newpage190.html

Jatiluhur 人工湖、カリマラン川の水源 Danau buatan, sumber Sungai Karimaran

Sesar Lembang Dan Kehancuran Total Seluruh Kota Bandung

レンバン断層とバンドン市全体の完全破壊

Di balik keindahan Lembang yang luar biasa. Di sana menyimpan bahaya tersembunyi yang berpotensi menjadi bencana gempa super massive. Yang bisa menghancurkan seluruh Kota Bandung dan sekitarnya yaitu Sesar Lembang.

レンバンの並外れた美しさの裏側。 そこには超巨大地震災害に発展する可能性のある危険が潜んでいます。 バンドン市全体とその周辺を破壊する可能性があるのは、レンバン断層です。

Menurut BMKG, Sesar lembang ini bisa menyebabkan gempa berkekuatan sekitar 6,8 hingga 7 Skala Richter. Kekuatan gempa sebesar itu bisa menjadi kiamat untuk seluruh Kota Bandung, Cimahi, dan Subang dan sekitarnya….

BMKGによると、レンバン断層はリヒタースケールでおよそマグニチュード6.8から7程度の地震を引き起こす可能性があるという。 この規模の地震の強さは、バンドン、チマヒ、スバンの都市全体とその周辺地域にとって世界の終わりとなる可能性があります。

Teman-teman, pada video kali ini kita akan membahas lengkap tentang sesar lembang, serta daerah mana saja yang bisa terdampak oleh bencananya jika sesah lembang ini bergerak.

Jangan skip videonya, mari kita simak

皆さん、このビデオでは、レンバン断層について、またレンバン断層が動いた場合にどの地域が災害の影響を受ける可能性があるかについて詳しく説明します。

ビデオをスキップせずに見てみましょう

 

Saat KCJB sedang dibangun, terjadi gempa besar di kawasan pegunungan Cianjur yang memakan banyak korban jiwa.

Baru-baru ini terjadi gempa dengan pusat gempa di Garut, Bandung Selatan.

KCJBの建設中にチアンジュール山地で大地震が発生し、多くの命が失われた。

最近、バンドン南部のガルットを震源とする地震が発生しました。

  1. Daerah pegunungan memerlukan konstruksi yang sulit dan biaya konstruksi yang tinggi.
  2. 山間部では建設が難しく、建設費が高くなります。

Di setelah Karawang sampai padalaran merupakan daerah pegunungan, dan Bandung merupakan daerah dataran tinggi. Selain itu, Anda harus melewati daerah pegunungan untuk terhubung ke Surabaya.

カラワンからパダラランまでは山岳地帯、バンドンは高原地帯になります。 それとは別に、スラバヤに接続するには山岳地帯を通過する必要があります。

 

Apalagi entah kenapa rute melalui Cirebon menyusuri pantai utara, lalu melewati kawasan pegunungan di sebelah tenggara, singgah di Yogyakarta dan Surakarta (Solo), lalu melewati pegunungan menuju Surabaya.

しかもなぜかチルボン経由のルートは北の海岸沿いを進み、南東の山岳地帯を抜け、ジョグジャカルタとスラカルタ(ソロ)に立ち寄り、山間部を抜けてスラバヤに至る。

Dibutuhkan rute zigzag yang panjang melewati pegunungan, dan akan menghabiskan banyak biaya.

山の中をジグザグに進む長い道が必要で、多額の費用がかかるだろう。

 

 

https://www.youtube.com/watch?v=E_WhCnuJGUk

China Makin Ugal-ugalan di LCS, Kapal Misi Kemanusiaan Filipina Tak Diberi Ampun

南シナ海で中国の無謀さが増している、フィリピンの人道ミッション船は許されない

Kapal penjaga pantai China menembakkan meriam air ke arah dua kapal Filipina pada Selasa (30/4) dekat perairan dangkal yang disengketakan di Laut China Selatan, menyebabkan kerusakan pada kedua kapal Filipina.

火曜日(4月30日)、中国沿岸警備隊の船が南シナ海の係争中の浅瀬付近でフィリピン船2隻に向けて放水し、フィリピン船2隻に損害を与えた。

Beijing mengatakan kapal-kapal itu “menyusup secara ilegal” di perairan Huangyan Dao, yang juga dikenal sebagai Scarborough Shoal.

中国政府は、これらの船舶はスカボロー礁としても知られる黄岩島の海域に「不法侵入」したと発表した。

 

https://www.youtube.com/watch?v=08IabMWAS6Q

KOMPILASI GOL INDONESIA VS IRAK (2-1)

インドネシア VS イラク ゴールコンピレーション (2-1)

HASIL Timnas Indonesia Kalah Tipis vs Irak,Petaka Garuda di Extra Time,Sisa 1 Jalur ke Olimpiade

結果 インドネシア代表チーム対イラク、延長戦でガルーダ惨事に惜敗、五輪まで残り1ルート

Timnas Indonesia U23 harus puas di posisi juara 4 Piala Asia 2024. Hasil akhir Timnas U23 Indonesia menyerah 1-2 dari Irak pada perebutan juara ketiga Piala Asia U23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Kamis (2/5/2024) malam WIB.

インドネシアU23代表チームは2024年アジアカップで4位に甘んじなければならなかったが、最終結果はアブドラ・ビン・ハリファで行われた2024年U23アジアカップの3位争いでイラクに1-2で敗れた。スタジアム、木曜日(2024 年 2 月 5 日)の夜の WIB。

13日に伐採をすることに決まった。

 

南安倍川橋から久能海岸へ

大間違い フィリピン 高速鉄道 

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(^_-)-☆ジョコウィはプラボウォに裏切られるだろう

2024-05-02 23:53:32 | egoism

 5590 ジョコウィはメガワティとPDI-Pを裏切った。Jokowi makan Megawati dan DPI-P. 

Jokowi akan dimakan oleh Prabowo pada bulan Oktober. 10月には、ジョコウィはプラボウォに裏切られるだろう

 

メーデーの今日も、ジョコウィや憲法裁判への批判が大きくなっていた。プラボウォは、それを分かっているはずだ。

Hari ini, May Day, kritik terhadap Jokowi dan Mahkamah Konstitusi semakin meningkat. Prabowo harusnya tahu itu

https://www.youtube.com/watch?v=TeY4vgXAMaU

Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno Angkat Suara soal Jokowi 'Cawe-Cawe' di Pilpres!

Political Parametersのエグゼクティブ・ディレクター、アディ・プライトノ氏が、大統領選挙でジョコウィが「チャウェ・チャウェ」であることについて声を荒げる!

 

https://www.youtube.com/watch?v=G6v4hoyHPSM

PRABOWO DIKABARKAN Bakal Tinggalkan Jokowi & Rangkul PDIP Setelah Jadi Presiden 20 Oktober Nanti

プラボウォ氏は10月20日に大統領に就任した後、ジョコウィを離れPDIPを受け入れると報じられている

Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto disebut akan meninggalkan Joko Widodo dan memilih PDI Perjuangan usai dilantik pada 20 Oktober 2024.

2024-2029年次期大統領プラボウォ・スビアントは、2024年10月20日に就任した後、ジョコ・ウィドドを捨ててPDIペルジュアンガンを選択するといわれている。

Hal tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno dalam program Obrolan Newsroom Kompas.com, Selasa (30/4/2024)

これは、火曜日(2024年4月30日)のKompas.comニュースルームチャットプログラムで、政治パラメータ担当エグゼクティブ・ディレクターのアディ・プレイトノによって伝えられた。

“Rasa-rasanya setelah 20 Oktober, Prabowo ini akan jauh memprioritaskan PDI-P ketimbang Jokowi yang sudah tak lagi jadi presiden,” ujar Adi.

「10月20日以降、プラボウォはもはや大統領ではないジョコウィよりもPDI-Pを優先するように感じる」とアディ氏は述べた。

 

https://www.youtube.com/watch?v=obhkw2Ux94c

https://www.youtube.com/watch?v=m4elNWJxusA

Buruh Membanjiri Kawasan Patung Kuda Menuntut Kesejahteraan.

労働者たちは福祉を求めて馬の像のエリアに押し寄せる。

Puluhan ribu buruh dari berbagai daerah di Kawasan Jabodetabek akan memadati Patung Kuda, Jakarta, untuk memperingati hari buruh sedunia, dalam peringatan hari buruh hari (01/04/2024) ini.

世界労働者の日(2024年1月4日)を記念して、ジャボデタベック地域のさまざまな地域から数万人の労働者がジャカルタの馬の像に集まります。

Aksi damai akan dipusatkan di Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

平和的なデモは中央ジャカルタの馬の像エリアが中心となる。

 

https://www.youtube.com/watch?v=oxg3Wtjo9CY

https://www.youtube.com/watch?v=u8oZJx9Xq-g

Ribuan Buruh Gelar Aksi May Day di Sejumlah Daerah, Tuntut Penghapusan UU Cipta Kerja

数千人の労働者が雇用創出法の廃止を求めてメーデー行動を各地で開催

Massa May Day di Patung Kuda Bakar Spanduk Raksasa Berwajah Jokowi & Hakim MK

ジョコウィとMK裁判官の顔が描かれた横断幕が掲げられた巨大な燃える馬の像でのメーデーのミサ

Massa membakar baliho saat memperingati Hari Buruh Internasioanl atau May Day di Patung Kuda, Jakarta, Rabu (1/5/2024).

水曜日(2024年1月5日)、ジャカルタの馬の像で、国際労働者の日またはメーデーを記念して群衆が看板を燃やした。

 

https://www.youtube.com/watch?v=bGzL6ZLTDJg

Prabowo Subianto Ucapkan Selamat Hari Buruh, Semakin Maju dan Sejahtera!

プラボウォ・スビアントは、皆さんの勤労感謝の日、さらなる進歩と繁栄をお祈りしています。

 Presiden Terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto mengucapkan selamat Hari Buruh yang jatuh pada 1 Mei 2024. Prabowo mendoakan agar seluruh pekerja, termasuk buruh, dapat makin maju dan sejahtera.

2024年から2029年に大統領に選出されたプラボウォ・スビアント氏は、2024年5月1日の労働者の日を祝う。プラボウォ氏は、労働者を含むすべての労働者がより進歩し、繁栄することを祈っている。

Ucapan itu ia sampaikan melalui sebuah video yang diterima detikcom, Rabu (1/5/2024). Prabowo terlihat mengenakan baju berwarna biru di ruang kerjanya.

同氏は水曜日(2024年1月5日)、detikcomが受け取ったビデオを通じてこれらの発言を伝えた。 プラボウォ氏はオフィスで青いシャツを着ているのが見られた。

"Saya Prabowo Subianto mengucapkan selamat Hari Buruh nasional, 1 Mei 2024. Semoga seluruh pekerja di Indonesia dan keluarga besar buruh semakin maju, semakin sejahtera, semakin kompak bersatu untuk bersama-sama berjuang menuju Indonesia Emas," ujar Prabowo Rabu (1/5/2024).

「プラボウォ・スビアントは、2024年5月1日の国民労働者の日が幸せであることをお祈りします。インドネシアのすべての労働者とその拡大家族がより進歩し、より豊かになり、より団結して黄金のインドネシアに向けて協力することを願っています」とプラボウォ氏は述べた。水曜日 (2024 年 1 月 5 日)。

 

https://www.youtube.com/watch?v=5BS3ppeJzV4

 

Gempa Magnitudo 6,2 yang Guncang Garut Terasa hingga ke Jabodetabek

ガルトを震撼させたマグニチュード6.2の地震は、ジャボデタベックまで遠くに感じられた

https://www.youtube.com/watch?v=EOQBYkPSGrk

https://www.youtube.com/watch?v=wu5tJhhaOwU

Gempa M 4,2 Guncang Kabupaten Bandung, Terasa hingga Garut, Tak Berpotensi Tsunami.

M 4.2 の地震がバンドン県を襲い、ガルットまで感じられ、津波の可能性はありません。

Gempa Bandung Jawa Barat Hari Ini,BMKG: Gempa Terkini Terasa di Majalaya,Garut,dan Soreang

バンドン地震、今日の西ジャワ、BMKG:マジャラヤ、ガルット、ソレアンで感じられた最新の地震

Berikut update gempa hari ini di tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Rabu 1 Mei 2024.

以下は、2024年5月1日水曜日、西ジャワ州バンドンリージェンシー南東部で発生した本日の地震に関する最新情報です。

私のコメント Komentar Saya

バンドゥン、ガルット辺りの有感地震、KCJBのテガルアル、パダララン駅辺りは、揺れたと思う。これに関して報道が全くなかった。何故でしょうか。

Saya kira ada gempa terasa di sekitar Bandung dan Garut, serta stasiun KCJB Tegalar dan Padararan terguncang. Tidak ada laporan mengenai hal ini. Mengapa?

 

一日中雨、庭の木々が生い茂っている

個人優先 憲法操作 地震

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(^_-)-☆Jokowi makan Megawati dan PDI-P

2024-05-01 23:49:00 | egoism

    PDI-P 5589 ジョコウィはメガワティとPDI-Pを裏切るJokowi makan Megawati dan DPI-P 

https://www.youtube.com/watch?v=wUIk3-zGfV0

MEGAWATI Tawarkan Syarat ke Jokowi Jika Ingin Rekonsiliasi : Kedepankan Negara Bukan Keluarga

メガワティ氏、ジョコウィ氏が和解を望むなら条件提示:家族ではなく国を第一に

Politikus PDI-P Aryo Seno Bagaskoro mengungkapkan syarat dan ketentuan apabila Presiden Joko Widodo ingin memperbaiki hubungan dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. Syaratnya, Jokowi harus mengedepankan kepentingan bangsa negara, bukan keluarga.

PDI-Pの政治家アリョ・セノ・バガスコロ氏は、ジョコ・ウィドド大統領がPDI-Pのメガワティ・スカルノプトリ総議長との関係改善を望む場合の条件を明らかにした。 その条件は、ジョコウィが家族ではなく国家の利益を優先することだ。

"Ya tentu, syarat ketentuannya simpel saja, yaitu mengutamakan dan mengedepankan kepentingan bangsa dan negara, bukan keluarga dalam konteks kenegaraan, itu saja," kata Seno

「はい、もちろん、条件は簡単です。つまり、国家の文脈における家族ではなく、国家と国家の利益を優先し、優先すること、それだけです」と瀬野氏は述べた。

Seno menegaskan, mengedepankan kepentingan bangsa dan negara merupakan prinsip yang terus dipegang Megawati.

セノ氏は、国家と国家の利益を優先することがメガワティ氏が堅持し続ける原則であると強調した。

 Megawati disebut tak pernah berubah mengenai prinsip tersebut. Maka dari itu, soal pertemuan siapa pun tokoh dengan Megawati nantinya, tidak harus menghasilkan kesepakatan atau keputusan politik ke depan.

メガワティ氏はこの原則を決して変えなかったと言われている。 したがって、将来のいかなる人物とメガワティ氏との会談も、必ずしも将来の合意や政治的決定をもたらすとは限りません。

 "Maka kami rasa bahwa apa pun nanti yang menjadi hasil dari pertemuan yang akan terjadi atau yang belum terjadi, saya rasa hasilnya harus untuk kebaikan bangsa dan negara dan bukan keluarga," ujar dia.

「したがって、今後行われる会談の結果が何であれ、まだ開催されていない会談の結果が何であれ、その結果は家族のためではなく、国家と国家の利益のためでなければならないと私は考えています」と彼は述べた。

Termasuk soal rencana pertemuan Megawati dan Prabowo Subianto. Ia pun menyambut baik apabila kedua tokoh itu jadi bertemu.

メガワティ氏とプラボウォ・スビアント氏の間で予定されている会談も含まれる。 彼はまた、2人の人物が会うならばそれを歓迎した。

 

https://www.youtube.com/watch?v=wbA7_gLcF5k

Indonesia Vs Uzbekistan: Garuda Muda Kalah 0-2, Gagal Ke Final

インドネシア対ウズベキスタン:ガルーダ・ムダが0-2で敗れ決勝進出ならず

Final Piala Asia U23: Jepang Vs Uzbekistan Come On GARUDA Asa Itu Masih Ada  Lewandowski Hattrick

U23アジアカップ決勝: 日本 vs ウズベキスタン さあ、ガルーダ レヴァンドフスキのハットトリックがまだあることを願っています

Jepang Lolos ke Final,Indonesia Lawan Irak Perebutkan Tempat Ketiga dan Tiket Olimpiade

日本が決勝進出、インドネシア対イラクが3位とオリンピックチケットを争う

Timnas U23 Jepang jumpa Uzbekistan di babak final Piala Asia U23 2024 tanggal 3 Mei mendatang.

U23日本代表は5月3日、2024 U23アジアカップ最終節でウズベキスタンと対戦する。

Sementara Indonesia akan menghadapi Irak untuk memperebutkan posisi ketiga sekaligus tiket ke Olimpiade Paris 2024.

一方、インドネシアは3位と2024年パリオリンピックへの切符をかけてイラクと対戦する。

 

Jika Indonesia memenangi perebutan tempat ketiga, mereka akan bertandang ke Paris.

インドネシアが3位決定戦に勝てばパリへ遠征する。

Jika kalah Indonesia, Jangan pernah menyerah.

Indonesia untuk meraih tiket Olimpiade juga masih bisa, yakni memenangi laga playoff melawan wakil Afrika, Guinea.

インドネシアが負けても決して諦めないでください。

インドネシアはアフリカ代表ギニアとのプレーオフ戦に勝てばオリンピックへの切符を獲得できる。

 

インドネシア語についての思い付き 

1.アルファベットはドイツ読み A,B,C~~G,Hアーベーツェー~~ゲーハー。

2.マレー語は、よく似ているので、インドネシア語でも、ほとんど、通じる。ただし、マレー語のアルファベットは英語読みなので、略語は通じにくい、

3.単語の最初の文字の子音の次にe, 例えばbe、me、ge、keなどなどは、べ、メ、ゲ、ケではなく、ブ、ム、グ、クとしか聞こえない。Bekasiはブカシだ。

4.giはギ、ジだ、その中間に聞こえるときもある

5.大部分の発音は、日本のローマ字読みで間違いない。RとLは正しきは違うが、気にする必要なし。

6.単語の終わりのg、t、kは発音しない。

7.C+子音の読みは、チャ、チ、チュ、チェ、チョです。冗談で、Coca-Colaをチョチャチョーラという人がいる。英語など外来語はそのまま読む。

8.インドネシア語には基本単語があり、その前後に、いろいろくっつけて、意味を変える。例えば、tinggalで辞書を見てください。いろいろな意味が出てきますよ。 

9.英単語のtionはインドネシア語ではsiになる、同じ意味だ。

10.インドネシア語には、意味が同じ単語が沢山なる。

11.略して使う言葉が沢山なる。有難うはmakasihだけでもいいなど。

12.~deh,~don, yuk,~loh,~などは、目上の人や会議中には、使わない方が良い。

13,ひとつの単語でいろいろな意味がある。今日のブログタイトルの中のmakanの意味、食べるではない。

14,単語の並び前後で意味が変わる。

15.日本語での接続詞?が、の、は、~です、

16.nとmの発音 ウとムに近い、この区別は、はっきり違う。全然別の意味になるBonとBomのように

私のウェブサイトの中にあるインドネシア口座 現地への出向者がこれを参考にしてくれているらしい。習うより覚えろだ。 http://otaenplaext.net/concept81.html

例えば、実用Indonesia口座26のhttp://otaenplaext.net/concept170.html

117 Sembilan barang pokok (スンバコsembako)

 

https://www.youtube.com/watch?v=0rd1uQnDziw

Kembali Meletus Gunung Ruang Mengeluarkan Awan Abu Setinggi 2000 Meter,Status Naik jadi Awas

ルアン山が再び噴火、高さ2000メートルの火山灰雲が発生、警戒態勢が強化

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Ruang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara ke Level IV atau awas.

火山学・地質災害軽減センター(PVMBG)は、北スラウェシ州シタロ諸島リージェンシーのルアン山のステータスをレベルIVまたは警戒に引き上げた。

Penetapan status dilakukan pada Selasa, (30/4/2024) pukul 01.30 WITA setelah Gunung Ruang kembali meletus dan mengeluarkan kolom erupsi mencapai 2.000 meter dari atas puncak disertai gemuruh dan gempa.

状況の判定は、ルアン山が再び噴火し、地鳴らしと地震を伴い頂上から2,000メートルに達する噴柱を放出した後、火曜日(2024年4月30日)のWITA午前1時30分に実施された。

バハサ 裏切り U23

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