Berikut ini adalah dari kolom membaca koran Asahi dari 4.13 .
" Shimooka Renjo, Pathfinder Jepang Foto"
Mitsui Keiji & Toriumi Saki kodifikasi, Buku Nasional serikat ¥ 3.024
Ini merupakan upaya untuk menelusuri kembali lagi lintasan perintis sejarah Jepang fotografi yang aktif dari periode Edo ke awal periode Taisho .
Menjadi murid sekolah Kano dicita-citakan pelukis di masa mudanya , tetapi pada gambar pandangan adalah teknologi terbaru pada saat itu , Renjo kejutan yang kuat .
Dia tertarik dengan reproduksibilitas sempurna. A flawless , bahwa hal gambar yang muncul berdiri murni terganggu setelah sikat stroke , tetapi untuk belajar teknik lukisan minyak dengan penggambaran yang sangat baik dari gambar , adat istiadat dan lansekap , Renjo adalah , dari yang Jepang dari pikiran yang sama , Pertempuran Hakodate , dan , ia menyesuaikan pemandangan panorama invasi Jepang ke Taiwan .
Lukisan perang yang kaya rasa gerakan diterima dengan baik oleh box office di Asakusa sendiri , tetapi teknisi Amerika foto untuk inisiasi foto Renjo tersedia dalam pertukaran untuk peralatan fotografi set, yang menarik Jepang , London dan telah menyebabkan arus masih hilang setelah melakukan box office di Boston .
Dan foto-foto 246 -point yang diambil dari Edo ke Meiji , lukisan minyak , termasuk lukisan perang sebelumnya , lebih lanjut , buku ini terdiri dari lukisan tahun kemudian dan awal oleh Teknik tradisi . Telah lukisan di tahun kemudian dari awal .
Foto yang berisi sosok Jepang pada waktu itu landscape , portrait , adat istiadat , dan aset budaya , tampaknya seperti itu dari jauh negara asing entah bagaimana , tapi Barat pada waktu itu panorama memperkenalkan Jepang menjadi orang pernah mendengar bertanya-tanya apa yang dilihatnya dalam apa yang dianggapnya .
Hidup Seperti yang terlihat kembali pada kehidupan masa lalunya , dari Renjo adalah sebagai panorama . Bunga berpaling ke lukisan minyak dan foto dari sekolah Kano , lintasan untuk kembali ke metode lukisan tradisional di tahun-tahun berikutnya , karena menggambarkan roda seperti panorama untuk menempatkan layar dalam sebuah cincin melingkar .
Reviewer, Kitazawa Noriaki ( Kritikus seni )